IndeksPortalCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?

Go down 
PengirimMessage
generasi1412
Donatur Komodo [Rp]
Donatur Komodo [Rp]
avatar

Point Posting : 1166
Join : 01.06.11
Umur : 21
Lokasi : Depok (Belakang UI)
Posting : 87
Reputasi 10

PostSubyek: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 5:30 pm

Bersin, batuk, cegukan, mendengkur, atau menguap pasti pernah Anda alami. Ketika di daerah berdebu, Anda akan bersin. Lalu ketika menghirup sesuatu yang membuat napas sesak, Anda akan batuk. Kadang Anda juga mengalami cegukan yang berbunyi 'hik'. Mendengkur atau mengorok juga bisa jadi dialami siapapun. Satu lagi yaitu ketika mengantuk, Anda menguap.

Kegiatan itu sering terjadi di luar kemauan dan merupakan proses alami. Mengapa hal itu bisa terjadi? Secara ilmiah, hal tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut.

  • Bersin
    Bersin merupakan aliran udara yang hebat melalui mulut dan hidung. Ini terjadi di luar kemauan. Biasanya bersin terjadi karena ada partikel pengganggu dalam hidung Anda. Ujung-ujung saraf di dalam hidung merangsang Anda bersin untuk menyingkirkan partikel-partikel tersebut.

    Penyebab lain adalah udara dingin atau sakit flu. Pada saat sakit flu, banyak partikel asing di dalam hidung Anda sehingga memaksa hidung merangsang bersin.

    Yang perlu Anda tahu tentang bersin yaitu kecepatan udara saat Anda bersin mencapai 166 kilometer per jam. Lalu saat bersih Anda akan mengeluarkan sampai 100.000 butiran kecil lendir dan mikro organisme. Itu sebabnya, saat bersin sebaiknya Anda menutupi hidung dan mulut Anda karena dapat membahayakan orang lain.

  • Batuk
    Sama seperti bersin, ketika Anda batuk bertujuan untuk mengusir zat berbahaya dalam tubuh Anda. Jika bersin terjadi karena ada partikel asing di hidung, maka batuk terjadi karena ada partikel atau zat asing di dalam paru-paru atau tenggorokan. Tujuannya untuk membersihkan paru-paru dari zat yang berbahaya saat saluran pernapasan mulai terganggu. Batuk dapat pula menjadi upaya yang disengaja untuk membersihkan tenggorokan. Batuk juga bisa menyebarkan kuman yang menyebabkan penyakit. Karena itu, sebaiknya ketika batuk, Anda menutupi mulut Anda.

  • Cegukan
    Cegukan terjadi di luar kemauan atau tidak dapat dikontrol. Cegukan merupakan pengambilan udara secara mendadak yang disebabkan karena kontraksi diafragma secara tidak teratur. Penyebabnya karena gangguan organ-organ tubuh dekat diafragma. Kejang ini menarik udara dari paru-paru melalui laring, membentur epiglotis, menyebabkan pita suara bergetar. Oleh karena itu, akan menimbulkan suara ’hik’ saat Anda cegukan.

  • Mendengkur
    Saat tidur, beberapa orang mendengkur atau mengorok. Suara kasar saat Anda tidur ini biasanya disebabkan karena bernapas melalui mulut. Jaringan lembut pada langit-langit mulut dekat tenggorokan bergetar karena udara melewatinya saat Anda bernapas melalui mulut. Selain itu, bibir, pipi, dan lubang hidung Anda juga ikut bergetar. Posisi yang umum menyebabkan mendengkur adalah tidur terlentang. Hal ini karena mulut cenderung menganga dan lidah menghalangi saluran pernapasan. Salah satu solusinya adalah dengan mencoba tidur miring.

  • Menguap
    Saat mengantuk, Anda akan menguap. Mengapa Anda menguap? Karena paru-paru Anda kurang mendapat oksigen. Dengan mengambil nafas dalam-dalam di luar kemauan terjadi sebagai respon alami akibat tertutupnya paru-paru oleh karbondioksida atau kekurangan oksigen.

    Yang juga menarik, yaitu menguap diduga sebagai kebiasaan menular. Jika Anda melihat atau mendengar orang lain menguap, yang sering terjadi adalah Anda ikut-ikutan menguap. Fenomena ini masih menjadi misteri bagi banyak ilmuwan.
    Info Tahukah Anda? Terkait



Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
HiddenSkills
Donatur Komodo [Rp]
Donatur Komodo [Rp]
avatar

Point Posting : 1330
Join : 02.06.11
Umur : 21
Lokasi : Yogyakarta
Posting : 304
Reputasi 13

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 5:32 pm

Bio Solar Has Been Planted .


ane dah tau gan ,tapi Nice dah Big Grin

cendol Send To generasi1412

kalo orang baik sih balikin jempol 1


Terakhir diubah oleh HiddenSkills tanggal 9/6/2011, 5:49 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://allabouttheworlds.blogspot.com/
zackyrizal2nd
Moderator Komodo
Moderator Komodo
avatar

Point Posting : 1410
Join : 30.05.11
Umur : 21
Lokasi : CP Moderator
Posting : 365
Reputasi 14

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 5:34 pm

Nice Share .. jempol2
cendol Meluncur ..

__________________________________

"Ternyata Semua yang Berkilau itu Belum tentu Emas" | Spongebob
"Semua Makhluk Hebat dalam Satu Hal,tapi Tidak dalam Segala Hal" | Spongebob


Music Zone Is My Life musik
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://komodo.forumid.net/forum
generasi1412
Donatur Komodo [Rp]
Donatur Komodo [Rp]
avatar

Point Posting : 1166
Join : 01.06.11
Umur : 21
Lokasi : Depok (Belakang UI)
Posting : 87
Reputasi 10

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 5:35 pm

OOT = btw cara balikin cendol gmn gan??
msh agak bingung di forum ini
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
[CJM007]™
Moderator Komodo
Moderator Komodo
avatar

Point Posting : 476
Join : 01.06.11
Lokasi : Tepat Di Belakang Anda !
Posting : 314
Reputasi 103

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 5:42 pm

Nice inpho jempol2
FOR TS toast cendol
Klo baik balikin,, klo gak mau juga gak apa2 kok

__________________________________
“Masa depanmu adalah kematian” (Hatake Kakashi)
Kau gagal tetapi masih bisa mampu bangkit kembali, karena itu menurutku arti dari kuat yang sebenarnya” (Hinata Hyuuga)
"There is a time when a guy must take a difficult decision" (Uchiha Itachi)

Mari ramaikan "Movies Zone"
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/profile.php?id=100001650742922
HiddenSkills
Donatur Komodo [Rp]
Donatur Komodo [Rp]
avatar

Point Posting : 1330
Join : 02.06.11
Umur : 21
Lokasi : Yogyakarta
Posting : 304
Reputasi 13

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 5:50 pm

generasi1412 wrote:
OOT = btw cara balikin cendol gmn gan??
msh agak bingung di forum ini

klik tanda + di pojok kanan atas postingan gan Big Grin
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://allabouttheworlds.blogspot.com/
Fredd
Moderator Komodo
Moderator Komodo
avatar

Point Posting : 464
Join : 31.05.11
Posting : 405
Reputasi 24

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 6:11 pm

nice inpohh jempol2

__________________________________
motto zone 69 = anda TEGANG saya SENANG

Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
hakushu
Newbie
Newbie
avatar

Point Posting : 28
Join : 08.06.11
Umur : 23
Lokasi : Depan PC
Posting : 25
Reputasi 1

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 6:13 pm

abis nguap jadi seger wkwkwk ..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
gataunie
Newbie
Newbie
avatar

Point Posting : 42
Join : 31.05.11
Umur : 96
Lokasi : Bandung
Posting : 41
Reputasi 1

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 8:46 pm

wihh nice banget nieh

Izin CTRL + D
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://fs.gemscool.com/
BabyPLUR
Donatur Komodo [Rp]
Donatur Komodo [Rp]
avatar

Point Posting : 2189
Join : 30.05.11
Umur : 28
Lokasi : Kota Kotamobagu, SULUT
Posting : 150
Reputasi 6

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   9/6/2011, 10:45 pm

Nice info dah gan
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
zuLarc
Komoder
Komoder
avatar

Point Posting : 125
Join : 06.06.11
Umur : 25
Lokasi : DKI Jakarta (Klp Gading)
Posting : 110
Reputasi 4

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   10/6/2011, 7:13 am

tpi gan klo kata dokter di dkt rumah ane kita klo bersin di tutup idungnya ato mulutnya dapat merusak saraf yg ada di dalam hidung karna teganan tinggi akibat bersin yang tak bsa kluar dri hidung
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/home.php?sk=group_164731676907743&id
The.Atjehnecs.™
Aktivis Reg. Aceh
Aktivis Reg. Aceh
avatar

Point Posting : 1163
Join : 01.06.11
Lokasi : Maya [BARCEN ON]
Posting : 139
Reputasi 8

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   11/6/2011, 10:30 pm

mungkin dah takdir juga begitu gan Big Grin

__________________________________
nocomment
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://atjeh-hacker.blogspot.com/
rev_aingtRue
Moderator Komodo
Moderator Komodo
avatar

Point Posting : 518
Join : 31.05.11
Lokasi : dunia maya [BARCEN ON]
Posting : 411
Reputasi 80

PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   11/6/2011, 10:35 pm

alasan kenapa sesaat setelah kita bersin orang2 selalu berkata "God Bless You" atau "Alhamdulillah"
karena saat kita bersin, jantung kita berhenti nol koma sepersekian detik ( itung deh cepetnya kayak apa )


cendol dong, aus nih

__________________________________
Pertamax Hunter = Banned
Main kejar2an sama ISO = Banned
One Liner = Banned
Maho = PM sini cium
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.komodo-forum.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?   

Kembali Ke Atas Go down
 
Mengapa Anda bersin, batuk, cegukan, mendengkur, dan menguap?
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Test Otak & Mata Anda
» Tes apakah Anda seorang Indigo
» UN ditiadakan?
» 20 Alasan Kita Cinta Indonesia
» mintol lagi dong!

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Forum Santai :: Lounge-
Navigasi: